Sorotdaerah.com – Merupakan salah satu pohon paling mendominasi di Kawasan Danau Toba (KDT). Pepohonan ini sangat mudah kita temukan karena banyak dibudidayakan masyarakat.

Di Girsang, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, masyarakat membudidayakan Enau untuk mendapatkan air nira (tuak). Saat Pak Joemarno dan Lilis Suripto yakni Anggota Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Sumatera Utara datang untuk meninjau Bukit Sirikki, mereka kagum melihat pohon Enau tumbuh subur.

Lalu mereka bertanya, produk apa saja yang sudah diproduksi masyarakat dari pohon Nira. Pemandu menjawab, selama ini masyarakat hanya memanfaatkan pohon Nira untuk diambil air niranya (Tuak).

Belum ada masyarakat yang fokus untuk mengolah pohon ini dari Hulu hingga ke Hilir. Semoga nantinya ada masyarakat lokal yang dapat memproduksi Gula Merah, Kolang-kaling, ijuk dan produk dari pohon Nira lainnya.

Selama ini toke (agen) dari luar yang menjemput buah halto (buah nira) dari Girsang. Merekalah yang mengolah buah halto untuk dijadikan Kolang-kaling. (Damayanti)

By Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *