Siantar, Sorotdaerah.com – Dalam rangka memperingati Jumat Agung dilakukan ibadah prosesi jalan salib. Acara ini digelar Panitia Perayaan Paskah Oikumene Kota Siantar 2022. Prosesi Jalan Salib berlangsung lancar, hikmat dan mendapat dukungan penuh dari denominasi agama yang ada di Kota Siantar, Jumat (15/4).

Arak – arakan prosesi jalan salib itu diberangkatkan oleh Pelaksana Tugas Wali Kota Siantar, dr Hj Susanti Dewayani, Sp.A, sekitar pukul 16.15 WIB, dari lapangan Universitas HKBP Nommensen Kota Siantar, jalan Sangnaualuh Siantar.

Wali Kota Siantar mengaku terharu dan bangga melihat pelaksanaan prosesi jalan salib tersebut, apalagi melibatkan denominasi agama yang ada di Kota Siantar seperti adanya dukungan dari GP. Ansor, HMI, PMII, Banser, WALUBI dan GMNI, yang tampak antusias mendampingi proses jalan salib. “Ini sebuah kebersamaan yang luar biasa dan membuktikan toleransi umat beragama di Kota Siantar sangat kuat,” ungkapnya.

Prosesi jalan salib tersebut mendapat penjagaan dari personil Polres Siantar, Satpol PP, dan bahkan mengatur arus lalulintas bersama Dinas Perhubungan Siantar. Dan bahkan, anggota Banser bersama GP. Ansor Pematangsintar juga tampak turun tangan mengamankan arus lalulintas dan prosesi jalan salib.

Prosesi jalan salib mencuri perhatian masyarakat Kota Siantar yang terlihat begitu antusias mengikuti arak-arakan jalan salib mulai dari lapangan Universitas HKBP Nommensen hingga sampai ke titik terakhir yaitu depan kantor Wali Kota Siantar, jalan Merdeka Siantar. Tak sedikit warga mengabadikan moment tersebut dan termasuk para driver ojek online di sepanjang jalan Sutomo Siantar.

Tiba di depan kantor Wali Kota, dilakukan penyaliban dan ibadah singkat yang dibawakan Pdt. Riando Napitupulu.

Sekretaris Daerah Kota Siantar, Budi Utari Siregar mengatakan, sangat terharu dan mengapresiasi terlaksananya prosesi jalan salib tersebut, apalagi dengan adanya dukungan dari denominasi agama yang ada di Kota Siantar. “Ini membuktikan masyarakat hidup rukun, saling menghormati dan tingginya toleransi umat beragama di kota yang kita cintai ini,”ungkapnya.

Dan di hari itu juga, dilangsungkan acara buka puasa bersama yang dipusatkan di Ruang Data Pemko Siantar.

Adapun yang mengikuti prosesi jalan salib adalah Kapolres Siantar, AKBP Boy Sutan Binanga Siregar, S.I.K, yang juga selaku Ketua Umum Panitia Perayaan Paskah Oikumene Kota Siantar Tahun 2022, Rektor Universitas HKBP Nommensen Siantar, Prof. Dr. Sanggam Siahaan, Plt. Kadis Perhubungan Kota Siantar, Dra. Kartini Batubara, MM dan Plt. Kadis Koperasi, UMKM dan Perdagangan, Herbert Aruan.

Hadir juga, Anggota DPRD Siantar dari NasDem, Tongam Pangaribuan, Anggota DPRD Siantar dari PDI Perjuangan, Baren Alijoyo Purba, mantan Anggota DPRD Siantar, Samuel Saragih, rohaniawan, Pdt. Riando Napitupulu, dari NU Siantar, Imran Simanjuntak, dari GP Ansor, Akbar Pulungan, Ketua Panitia Pelaksana Paskah Oikumene Kota Siantar, Pdt. Rosininta Hutabarat dan  Sekretaris Panitia Pelaksana Paskah Oikumene Kota Siantar, Hendra Simanjuntak MPd yang juga Ketua DPC GAMKI Kota Pematangsintar dan Sekretaris DPC GAMKI Siantar, Gustaf SH Panggabean ST. (JO)

By Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *