Daily Archives: September 5, 2024

7 Pengaruh Berita Keuangan Lokal

Hampir setiap hari, ada saja berita-berita yang selalu muncul, baik itu berita seputar kondisi politik, ekonomi, keamanan dan berita terbaru lainnya. Berita ini mulai dari berita lokal, nasional, hingga internasional.

Deretan berita terbaru setiap harinya memberikan dampak di berbagai hal, salah satunya berita keuangan lokal yang berdampak terhadap banyak hal. Agar dapat siap dengan dampak dari adanya berita tersebut, mari simak beberapa dampak yang dapat terjadi karena kondisi ekonomi.

Dampak Jenis Berita Keuangan

Berita keuangan lokal bisa berdampak yang cukup signifikan kepada masyarakat dan ekonomi. Berikut ini 7 dampak utama yang terjadi karena adanya berita keuangan lokal :

1. Perubahan Perilaku Konsumen

Berita keuangan lokal bisa mempengaruhi keputusan perilaku konsumen untuk berbelanja ataupun berinvestasi. Apabila ada laporan mengenai pertumbuhan ekonomi maupun masalah finansial di suatu daerah, konsumen tentu akan menyesuaikan pola konsumsi mereka.

Berita keuangan lokal bisa mempengaruhi perilaku konsumen seperti rilis pendapatan perusahaan yang bisa meningkatkan kunjungan konsumen. Dimana perilaku konsumen ini yaitu bagaimana individu atau kelompok memilih, membeli, memakai barang dan jasa atau ide serta pengalaman. Perilaku konsumen ini bisa dipengaruhi beberapa faktor misalnya kebudayaan, faktor pribadi, faktor sosial dan faktor psikologis.

Namun sementara itu, yang dimaksud dengan perilaku keuangan ini sendiri yaitu tindakan seseorang untuk mengelola uangnya atau pendapatannya sehari-hari. Yang termasuk pada Perilaku keuangan ini seperti cara seseorang dalam mengatur dan memanfaatkan atau menggunakan sumber daya keuangan yang ada.

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku dalam pengelolaan keuangan seperti pengetahuan keuangan, sikap keuangan, pengalaman keuangan dan tingkat pendidikan.

2. Fluktuasi Pasar Saham Lokal

Berita keuangan yang berhubungan dengan ekonomi daerah atau perusahaan-perusahaan lokal bisa mempengaruhi harga saham pada bursa saham lokal. Dengan adanya berita keuangan positif dapat mendorong harga saham menjadi naik, sementara jika ada berita negatif dapat mempengaruhi penurunan harga saham.

Berita dan informasi yang muncul tidak dapat dipungkiri dapat mempengaruhi sentimen investor tentang saham-saham yang mereka miliki. Seperti berita yang terkait dengan perusahaan ataupun emiten saham yang menggabungkan atau mengakuisisi berita sosial yang terjadi seperti bencana alam sampai berita tentang kondisi politik sebuah negara dapat mempengaruhi supply and demand maupun saham tertentu.

Berita terbaru yang tergolong positif akan menyebabkan para investor saham untuk memutuskan membeli saham. Contoh berita positif salah satunya seperti pengumuman peluncuran adanya produk baru dari merk sebuah bisnis. Dari adanya produk baru tersebut tentu menarik minat masyarakat untuk membeli produk tersebut yang baru saja diluncurkan.

Dari hal tersebut kemudian yang memicu kenaikan permintaan saham perusahaan tersebut. Namun sebaliknya, berita terbaru yang sifatnya negatif biasanya akan memicu para investor memutuskan untuk menjual saham yang mereka miliki.

Contoh berita negatif salah satunya seperti kondisi politik sebuah negara yang sedang tidak stabil. Kondisi ini dapat meningkatkan tekanan dalam melakukan penjualan saham yang mereka miliki karena takut harganya akan semakin menurun.

Adanya berita terbaru dapat mempengaruhi pergerakan saham yang tidak hanya berkaitan dengan kondisi emiten atau perusahaannya saja. Namun juga kondisi ekonomi, sosial, bahkan kondisi politik sebuah negara ataupun global.

Baca juga : Cara Membuat Rencana Keuangan Dengan Tepat

3. Keputusan Investasi

Setiap investor baik investor lokal maupun asing akan selalu memantau berita keuangan lokal dalam membuat keputusan investasinya. Informasi mengenai proyek infrastruktur, perubahan regulasi, kebijakan pemerintah dapat mempengaruhi keputusan investasi mereka.

Berita keuangan maupun laporan keuangan bisa mempengaruhi keputusan investasi. Dimana laporan keuangan bisa memberikan informasi yang dapat berguna untuk pengambilan keputusan dalam berinvestasi misalnya rasio keuangan yaitu profitabilitas, nilai dan solvabilitas.

Input yang digunakan untuk membuat keputusan ekonomi. Di samping laporan keuangan, ada beberapa faktor lainnya yang bisa mempengaruhi keputusan investasi, seperti diantaranya struktur modal, arus kas, likuiditas, kebijakan hutang, kesempatan investasi dan pertumbuhan penjualan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum investor memutuskan berinvestasi. Seperti diantaranya yaitu menentukan tujuan investasi, mempunyai mindset yang tepat, memilih instrumen investasi berdasarkan profil resiko, memilih platform yang handal, diversifikasi investasi.

4. Kebijakan Ekonomi dan Bisnis

Otoritas lokal dalam hal ini Pemerintah Daerah mungkin akan merespons berita keuangan lokal dengan mengubah kebijakan ekonomi dan bisnis mereka. Contohnya, jika berita menunjukkan kesulitan ekonomi, maka pemerintah mungkin saja akan meluncurkan program stimulus maupun insentif untuk meningkatkan pertumbuhan.

5. Kesejahteraan Masyarakat

Dampak dari adanya berita keuangan lokal juga dapat dirasakan langsung oleh semua lapisan masyarakat. Terutama apabila berkaitan dengan upah, lapangan kerja, maupun biaya hidup. Informasi mengenai kesehatan ekonomi lokal ini bisa mempengaruhi rasa aman secara finansial baik individu maupun keluarga.

Berita keuangan bisa mempengaruhi kesejahteraan masyarakat, apalagi dalam hal stres keuangan. Dimana situasi keuangan yang sedang tidak stabil bisa menyebabkan stres yang dapat berdampak negatif terhadap kesehatan mental, kesejahteraan fisik, dan hubungan sosial.

Inklusi keuangan bisa mendorong kesejahteraan pada masyarakat. Lembaga keuangan mikro juga bisa membantu meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat. Khususnya masyarakat miskin dan berpenghasilan rendah.

Adanya sistem keuangan ini sangat berperan penting di dalam perekonomian, sebab dapat berfungsi untuk mengalokasikan dana dari pihak-pihak surplus kepada pihak yang mengalami defisit. Oleh karena itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan ketegasan bahwa pentingnya tingkat literasi serta inklusi keuangan terhadap masyarakat.

6. Kepercayaan Terhadap Lembaga Keuangan

Dengan adanya berita keuangan lokal ini bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan oleh masyarakat terhadap lembaga keuangan seperti bank. Isu-isu ini seperti kegagalan lembaga keuangan serta perubahan dalam regulasi yang bisa menyebabkan kekhawatiran maupun meningkatkan kepercayaan.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan masyarakat pada lembaga keuangan misalnya bank selain karena faktor berita keuangan lokal, antara lain sebagai berikut.

Integritas pengurus, yang dimaksud disini adalah pengetahuan serta kemampuan pengurus baik untuk hal manajerial ataupun teknis perbankan. Faktor Kesehatan bank juga dapat mempengaruhi, seperti bagaimana kualitas layanannya dimana persepsi nasabah akan kualitas layanan yang mereka berikan kepada seluruh nasabahnya. Sehingga berdampak pada kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah.

Kepercayaan adalah prinsip dasar dalam aktivitas perbankan, apalagi dalam hal penghimpunan dana masyarakat yang dapat digunakan untuk penyaluran kredit masyarakat. Bank juga disebut dengan lembaga kepercayaan sebab sebagian besar dana operasional mereka berasal dari masyarakat yang memberikan kepercayaan dananya untuk dimasukkan atau disimpan di bank.

Baca juga : Cara Mengelola Utang Dengan Cerdas dan Bijak

7. Pembangunan Ekonomi Lokal

Berita ekonomi yang positif mengenai investasi ataupun perkembangan ekonomi daerah bisa menarik perhatian dan juga minat investor yang baru. Dimana pada gilirannya bisa meningkatkan aktivitas ekonomi secara lokal serta menciptakan peluang yang baru.

Nah, secara keseluruhan dengan adanya berita keuangan lokal ini sangat berperan penting untuk membentuk lanskap ekonomi serta mempengaruhi berbagai hal dalam kehidupan masyarakat pada tingkat lokal.