Home > Daerah > Bupati Sambut Atlet Tala Berprestasi Ajang SOWSG

Bupati Sambut Atlet Tala Berprestasi Ajang SOWSG

Sorotdaerah.com-Bupati Tanah Laut (Tala) H. Sukamta bersama dengan Forum Kordinasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Tala melakukan penyambutan dan ramah tamah kepada para atlet Tala yang berprestasi di ajang Special Olympic World Summer Games (SOWSG) XV 2019 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) di Aula Sarantang Saruntung Sekretariat Daerah Tala, Pelaihari pada selasa (26/03/2019).

Dalam ajang SOWGS yang dilaksanakan pada tanggal 14 sampai 21 Maret 2019 tersebut Indonesia mengirimkan 68 atlet terdiri dari 54 atlet special olympic dan 14 unified partner. Kalimantan Selatan diwakili 9 atlet dan 5 diantaranya berasal dari Tanah Laut. Sedangkan keseluruhan peserta berasal dari 190 negara, 7.500 atlet, 3000 pelatih dan 20.000 relawan.

Prestasi membanggakan ditunjukkan oleh kelima orang atlet Tanah Laut. Satu di antaranya Muhammad Ikhsan berhasil meraih dua buah medali emas di cabang olahraga (cabor) lari 100 meter dan lompat jauh. Ia juga meraih satu medali perunggu di cabor Futsal, serta Ervina, Dwi Anggriani Saputri dan Hanissa Mairani yang meraih medali perunggu di cabor Sepak Bola Putri.

Dalam penyambutan para atlet berprestasi tersebut Pemerintah Kabupaten Tanah Laut memberikan bonus spesial kepada para atlet yang berasal dari Tala tersebut, khusus untuk Muhmmad Ikhsan yang mendapat dua medali emas mendapat satu unit rumah, sedangkan empat orang atlet lainnya mendapat uang pembinaan sebesar 20 juta rupiah.

“Saya kemarin baca berita dan saya meliat Ikhsan ingin merenovasi rumah orang tuanya, maka akan kita berikan satu buah rumah sebagai bonus” ujar Sukamta.

Selain memberikan bonus kepada atlet-atlet yang mengharumkan nama Tala di ajang Internasional tersebut Bupati Tala Sukamta juga meminta kepada Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian (Kadisnakerperin) Tala untuk melakukan pembinaan keterampilan kepada para atlet berprestasi tersebut, “saya minta kepada Kadisnakerperin untuk melakukan pembinaan keterampilan supaya nanti mereka-mereka ini bisa menjadi pengusaha yang sukses dan berpenghasilan besar” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa nantinya pihak Pemerintah Kabupaten Tala juga akan membantu permodalannya sesuai dengan program yang ada.

Bupati Tala Sukamta juga bertekad melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Tala akan menambah anggaran pembinaan sehingga para atlet yang berkebutuhan khusus lebih mendapat perhatian.

“kita lakukan pembinaan dari Dispora nanti, ini akan memicu semangat atlet lain dengam melihat bahwa mereka yang berkebutuhan khusus saja dapat berprestasi” tutupnya.

Sementara itu Kepala Dispora Tala Lutfiati Uyun mengungkapkan rasa banganya kepada para atlet yang telah mengharumakan anama tala di ajang SOWSG XV 2019 Abu Dhabi tersebut, “kami bangga karena mereka sudah mengharumkan nama Tala di tingkat Internasional” ujarnya

Lutfiati Uyun juga mengharapkan nantinya di kejuaraan serupa yang akan digelar di Swedia pada tahun 2021 para atlet Tala dapat meningkatkan prestasinya, “para atlet jangan terlena, tapi harus berlatih ekstra untuk meningkatkan prestasi lebih baik lagi” pungkasnya. (Sumber Pemerintah Kabupaten Tanah Laut/Red)

Leave a Reply