Home > Daerah > DPTHP Pematangsiantar Final

DPTHP Pematangsiantar Final

Sorotdaerah.com- Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan 2 (DPTHP) kota Pematangsiantar telah selesai. Jumlah pemilih di Pematangsiantar 179.014 orang. Jumlah ini berkurang dari hasil pendataan sementara.

Diketahui sebelumnya, jumlah pemilih 179.099 orang. Jumlah ini berkurang lantaran perpindahan penduduk. 139 orang terdaftar sebagai pemilih di Pematangsiantar, kini akan memilih di daerah lain. Sementara jumlah pemilih dari luar kota Siantar yang akan memilih di daerah itu yakni 54 orang.

Data pemilih yang keluar maupun yang masuk termaktub dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPT). Syarat untuk terdaftar di DPT yakni mengisi formulir A5.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pematangsiantar, Kadar Sidik Saragih mengatakan warga yang ingin memilih namun tidak terdaftar di kota Siantar, dapat mengurus A5. “ Untuk mengurus A5, harus terdaftar di DPT,” Kata Jafar saat ditemui di gedung Darmawanita, Rabu (20/2).

DPT kata Kadar, merupakan hasil rapat pleno KPU Pematangsiantar yang digelar empat hari lalu. “Jumlah dan prosedur sudah sesuai hasil rapat kita,” Lanjutnya.

Menurut Jafar masih ada waktu untuk menunggu warga yang belum mendaftarkan diri.

Selanjutnya, bila pemilih yang daerah asalnya dari daerah lain di Sumatera Utara, maka KPPS harus memperhatikan Dapilnya, untuk menentukan surat suara yang akan diberikan.

“Contohnya, bila pemilih asalnya dari Medan, karena Medan tidak satu Dapil dengan Siantar untuk pemilihan DPR-RI, DPRD Provinsi Sumut dan DPRD Kota Siantar, maka pemilih itu hanya menerima surat suara untuk memilih Presiden/Wakil Presiden dan DPD,”Ujar Jafar. (DS)

You may also like
SMPN 9 Binjai Wujudkan Pendidikan Demokrasi
Jelang Pemilu 2019 Kapolres Pimpin Apel Pasukan Keamanan
Memperkuat Partisipasi Masyarakat Demi Pemilu Berkualitas
Poldasu Siap Bersinergi Dengan Berbagai Pihak Amankan Pilkada
Pasca Putusan MK, KPU Siantar Siap Verifikasi Parpol
Jangan Salah Pilih Di Pilgubsu 2018

Leave a Reply