Home > Daerah > Karnaval Literasi, Bupati Samosir Ajak Semua Pelajar Gemar Membaca

Karnaval Literasi, Bupati Samosir Ajak Semua Pelajar Gemar Membaca

Sorotdaerah.com – Karnaval Literasi Nusantara Danau Toba menjadi penutup sekaligus puncak rangkaian festival literasi Gramedia di Kabupaten Samosir, Sumut, Jumat (13/7).

Bertepatan peringatan hari jadi Yayasan Alusi Tao Toba, Gramedia menyelenggarakan berbagai kegiatan karnaval yang diikuti ratusan peserta, siswa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga komunitas pegiat Literasi.

Terlihat sejak pukul Enam pagi peserta telah hadir di Lapangan Lopo Hotel, Tomok, dengan berbagai kostum menarik.

Karnaval dibuka langsung oleh Bupati Kabupaten Samosir Rapidin Simbolon, sembari diiringi terikan iyel iyel dan lagu tradisional batak toba.

“Dengan mengucapkan salam literasi, saya buka Karnaval Literasi Nusantara Danau Toba ini,” ucap Rapidin Simbolon sekaligus mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan retail ternama ini.

Titik start dan finish karnaval ini akan dimulai dari Lopo Hotel Internasional di Tomok. Selanjutnya, kontingen kapal dan perahu akan bertemu dengan kontingen jalan kaki di Bukit Beta. Seremoni membaca bersama secara serempak akan dilaksanakan bersama seluruh kontingen dan dipimpin langsung oleh Bupati Samosir dan Direktur Gramedia.

Menurut bupati Samosir, karnaval ini sebagai media kampanye untuk menumbuhkan semangat membaca di kalangan masyarakat, khususnya di Samosir.

“Ada ungkapan bijak, membaca adalah jendela dunia,” lanjut Rapidin.

Publishing and Education Director PT Gramedia Asri Media, Suwandi S. Brata Mengatakan, ada alasan khusus Kabupaten Samosir terpilih menjadi tempat penyelenggaraan Festival Literasi Nusantara Danau Toba.

Dikatakan oleh Suwardi, bertepatan hari jadi Alusi Tao Toba, maka Samosir tahun ini menjadi tuan rumah.

“Kabupaten Samosir terdapat inisiator literasi, taman baca yang dengan semangat literasi, Togu Simorangkir sebagai Founder rumah baca Samosir,” kata Suwardi.

Pada akhir festival literasi Nusantara Danau toba, Bupati Samosir berharap seluruh pelajar dan masyarakatnya gemar membaca.

“Zaman semakin canggih, untuk itu saya harap anak anak sekolah rajin membaca buku agar menambah pengetahuan”, tutupnya.(DS)

You may also like
Permainan Trompa Meriahkan Festival Literasi Nusantara di Samosir
Hari Ke-2 Festival Literasi Nusantara Selenggarakan Lomba Menulis Aksara Batak
Gramedia Putar Film Sokola Rimba Pada Acara Festival Literasi

Leave a Reply