Home > Daerah > Permainan Trompa Meriahkan Festival Literasi Nusantara di Samosir

Permainan Trompa Meriahkan Festival Literasi Nusantara di Samosir

Sorotdaerah.com – Ratusan pelajar dari tingkat SD, SMP se-kabupaten Samosir mengikuti lomba olahraga tradisional Trompa yang digelar yayasan alusi tao toba dan Gramedia di lapangan Lopo hotel, Samosir, Jumat (12/7).

Kegiatan perlombaan yang melibatkan lima orang satu tim ini adalah rangkaian acara Festival Literasi Nusantara Danau Toba.

Melalui kegiatan ini, para pelajar diharapkan dapat mengenal permainan asli dari Indonesia.

Ketua Tim Festival, Azas Rifai mengatakan perlombaan seperti diharapkan dapat menumbuhkan minat para pelajar pada permainan yang pernah ada sejak zaman dahulu kala.

Melalui kegiatan ini, para pelajar diharapkan dapat mengenal permainan asli dari Indonesia.

Adapun, tujuan dari lomba ini, menurut Azas Rifai, untuk melestarikan budaya permainan anak dan memperkenalkan olahraga tradisional yang sudah hampir dilupakan.

“Selain menumbuh kembangkan niat baca dan tulis, Gramedia berupaya untuk melestarikan permainan tradisional disetiap daerah,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Rifai, tujuan dari perlombaan olahraga tradisional ini juga sebagai upaya ikut serta dalam memeriahkan festival Literasi Nusantara yang dilaksanakan oleh Gramedia dan juga yayasan Alusi Tao Toba.

“Disetiap acara festival literasi seperti ini, Gramedia selalu mengangkat permainan lokal, permainan lokal adalah bagian dari enam dimensi literasi dasar” jelasnya. (DS)

You may also like
Karnaval Literasi, Bupati Samosir Ajak Semua Pelajar Gemar Membaca
Hari Ke-2 Festival Literasi Nusantara Selenggarakan Lomba Menulis Aksara Batak
Gramedia Putar Film Sokola Rimba Pada Acara Festival Literasi

Leave a Reply