Home > Budaya > Viky, Tongam dan Herman Delango Bakal Ramaikan SMI 2019

Viky, Tongam dan Herman Delango Bakal Ramaikan SMI 2019

Sorotdaerah.com – Panitia memastikan musisi Viky Sianipar, Tongam Sirait dan Hermann Delango Manik akan meramaikan even akbar Samosir Music International (SMI) yang digelar di Open Air Stage Tuktuk Siadong Pulau Samosir, 23 -24 Agustus 2019.

Selain itu, beberapa artis dan band yang akan unjuk gigi antara lain Alsant Nababan, Alex Hutajulu, Jajabi Band dan lainnya. Sementara itu, band yang didatangkan dari negara lain yang turut menyemarakkan SMI kelima ini antara lain, Salammusik dari Malaysia, Bagjuice dari Belanda dan Son & Preachers dari Jerman.

Secuil informasi, Salammusik merupakan band dari Malaysia. Terbentuk tahun 2006. Band ini beken negaranya juga di Eropa. Irama musiknya yang unik adalah gabungan dari unsur budaya dan modern. Genre musiknya yakni Rock, Reggae dan Hiphop. Album pertama mereka berhasil mendapat penghargaan sebagai Album terbaik dari Anugerah Industri Musik ke -19 di tahun 2012, dan juga salah satu lagunya berjudul “Aku Pelat” berhasil mendapat penghargaan sebagai lagu HipHop terbaik di tahun 2013. Sejak berdirinya Band ini hingga sekarang ini. Mereka juga berhasil menyabet banyak penghargaan di negaranya, juga di Singapore dan se-Asia Tenggara. Selain penghargaan atas karya mereka, Salammusik juga kerap melakukan tour konser di Asia hingga beberapa negara di daratan Eropa.

Sedangkan Bagjuice adalah sebuah band Reggae yang berasal dari Amsterdam. Band ini memiliki enam personel. setiap krunya mempunyai back ground musik yang luas. Perbedaan latar belakang musik yang berbeda, mereka satukan sehingga menghasilkan sebuah bentuk musik khas yang membuat mereka mudah untuk dikenal di Belanda. Dari tahun 2013, sudah banyak musik festival di seputar Belanda yang menampilkan mereka. Belanda merupakan salah satu negara yang memiliki banyak musik festival hampir dalam satu tahun penuh. Walau negara ini tergolong kecil, namun banyak ruang bagi para artis atau musisi untuk bisa menunjukkan karya-karya mereka di panggung musik festival.

Tak ketinggalan, Sons & Preachers. Meski masih tergolong muda, dibentuk resmi sejak 2018. Tetapi tidak lama setelah dibentuk mereka merilis sebuah single. Band yang terdiri dari 4 personel ini, sudah lama saling mengenal dan masing-masing memiliki latar belakang musik berbeda dan punya keinginan sama untuk mendirikan sebuah band. Lead vokal sekaligus pemain Hammond, Keyboardnya adalah warga Indonesia yang menetap di Hamburg, Jerman.

Dulunya, Yonatan berangkat ke Jerman untuk menimba ilmu di bidang kedokteran, namun di tengah perjalanan studynya, dia makin merasakan dunia musiklah yang paling tepat baginya. Akhirnya dia berhenti kuliah,dan terjun di dunia musik. Sewaktu masih di Indonesia pun, dia sudah sering bermusik dan mengikuti kursus musik. Di Hamburg dia mendirikan sekolah musik yang dilengkapi dengan studi musik professional. Sejak band ini didirikan, beberapa musik festival di Jerman pun sudah mengundang mereka untuk ikut manggung.

Band ini memiliki motto musik: “mengkreasikan kembali suara Vintage dengan menyesuaikannya dengan sound-sound modern”. Sehingga musik mereka lebih dikenal dengan gaya musik Blues,Rock dan Funk.

“Ketiga band yang dari luar negeri ini nantinya akan unjuk kebolehannya lewat lagu-lagu yang mulai saat ini mereka sudah persiapkan. Beberapa lagu Batak yang akan menjadi bagian dari setlist lagu lagunya menjadi prioritas mereka dalam hal persiapan. Karena lagu ini merupakan lagu yang sangat baru bagi mereka, yang mungkin sebagian besar dari semua band diatas belum pernah mendengar apalagi menyanyikannya. Melafalkan bahasa Batak dalam lagu-lagu itu menjadi tantangan utama mereka,” terang Henri Manik Projek Manager SMI.

Disamping lagu lagu Batak ini, sambung Henri, band-band luar negeri ini akan membawakan lagu karya mereka sendiri, dan mungkin sebagian kecil lagu cover dari sang legenda Bobmarley. Mereka ini nanti akan kita bagi untuk mengisi hari pertama dan kedua. (Red)

You may also like
Samosir Musik Internasional Digelar 23-24 Agustus
Dari Laguboti, Ibu Negara Iriana Jokowi Bertolak ke Samosir
Gempa Bumi Guncang Doloksanggul dan Samosir
Petani Samosir Terancam Gagal Panen
KPU Samosir Rapat Kerja Uji Publik Penataan Dapil
Jalan Menuju Tigaras Ambruk

Leave a Reply