Home > Kesehatan > Gratis, GNI Periksa Kesehatan 500 Anak Belawan

Gratis, GNI Periksa Kesehatan 500 Anak Belawan

Sorotdaerah.com – Gugah Nurani Indonesia (GNI) Medan Belawan memeriksa kesehatan 500 anak secara gratis di Kelurahan Belawan II, Kecamatan Medan Belawan. Pemeriksaan dilangsungkan di halaman Puskesmas Belawan II, Sabtu (27/10) dan Minggu (28/10).

Dalam pemeriksaan ini, GNI menggandeng sejumlah dokter dan perawat dari Puskesmas Belawan II. Para dokter memeriksa kesehatan mata, gigi, telinga, tenggorakan dan kulit anak-anak. Pemeriksaan kesehatan ini dihadiri oleh Plh. Lurah Belawan II, Sarima Pulungan, SE. Menurut Sarima, pemeriksaan kesehatan ini membantu pemerintah kelurahan Belawan II dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat.

“Saat ini pemerintah telah menetapkan empat target utama kesehatan yang harus dicapai pada 2019. Keempat target tersebut, yakni meningkatkan status kesehatan dan gizi masyarakat, meningkatkan pengendalian penyakit menular dan tidak menular, meningkatkan pemerataan dan mutu pelayanan kesehatan, dan meningkatkan perlindungan finansial, ketersediaan, penyebaran, mutu obat serta sumber daya kesehatan,” ujarnya.

Sarima mengapresiasi kegiatan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh GNI Medan Belawan. Ia mengaku senang karena melihat anak-anak dan orangtuanya di Belawan II bahagia bisa mendapatkan layanan pemeriksaan kesehatan secara gratis.

“Melalui pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan oleh GNI ini, saya berharap anak-anak Belawan II, dapat lebih memahami pentingnya menjaga kesehatan sejak dini. Begitu juga dengan orangtuanya, agar lebih memperhatikan serta meneladankan perilaku hidup sehat dan bersih kepada anak-anaknya,” tambah Sarima.

Project Manager GNI Medan Belawan, Anwar Situmorang menerangkan, selain memeriksa kesehatan anak, GNI juga memberikan perlengkapan mandi seperti sabun mandi, sikat gigi dan pasta gigi, shampo dan handuk. Perlengkapan mandi ini akan bisa digunakan anak-anak selama enam bulan. GNI juga memberikan perlengkapan sekolah berupa buku tulis, pulpen, pensil dan kotak pensil. “Kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis ini akan rutin dilakukan oleh GNI setiap tahunnya,” pungkas Anwar.

Gugah Nurani Indonesia adalah organisasi kemanusiaan non pemerintah yang bekerja sesuai dengan pilar-pilar SDGs (Sustainable Development Goals), terutama pada bidang yang berkenaan dengan pemenuhan hak-hak anak dan pemberdayaan masyarakat. Gugah Nurani Indonesia hadir untuk menciptakan dunia yang aman tanpa kemiskinan dan kelaparan, dimana anak-anak mendapatkan pemenuhan atas hak asasinya, membantu sesama yang menderita kemiskinan dan penindasan untuk mendapatkan kembali harapan hidup yang lebih baik dan mencapai kemandirian.

Gugah Nurani Indonesia merupakan afiliasi dari Good Neighbor International yang berdiri di Korea tahun 1991. Gugah Nurani Indonesia bekerja di 15 proyek pengembangan komunitas dan tersebar di delapan propinsi yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Selatan. (Red)

You may also like
Istri Gubsu Edy Rahmayadi Dukung Perlindungan Anak
Sampah Ancam Kesehatan Anak
GNI Penuhi Hak Anak dalam Belajar
Tingkatkan Mutu Sekolah, GNI Latih 34 Guru Terapkan PAKEM
GNI Latih 30 Komite Pemberdayaan Masyarakat Belawan
Pentingnya Strategi Media Sosial Bagi Lembaga Sosial

Leave a Reply