Jangan Karena SARA, Ketua

“Jenderal, udah nonton berita banjir Jakarta?”, tanya Jono di sore hari kepada Jenderal Nagabonar yang sedang duduk santai.

“Agggh, itu itu lagi. Nggak usah di tonton juga pasti akan terjadi banjir itu di Jakarta,” jawab Nagabonar santai.

“Kok Jenderal bisa tahu?” telisik Jono.

“Ya ialah,” kata Nagabonar. “Itulah akibat memilih pemimpin hanya karena SARA.”

Jono mendekat, ingin tahu penjelasan lanjutannya.

Nagabonar menyambung, “Kau tahu Jono, orang Jakarta dulu terpengaruh SARA. Mereka kehilangan nalar. Inilah karmanya. Pemimpin yang mereka pilih bukannya pemimpin yang bisa langsung bekerja. Justru pemimpinnya mutar-mutar mikir bagaimana menyelesaikan masalah. Kau tau kan pemimpin coba-coba? Ya kayak yang sekarang memimpin Jakarta. Apa-apa coba-coba. Kapan menyelesaikan masalah warga?”

Jono menyimak.

“Memilih pemimpin itu harusnya bukan karena SARA Jono. Yang rugi siapa coba kau pikir Jono. Kaulah dulu, misalnya di Sumut orangnya memilih karena se-suku, seagama, se-ras, dan se-golongan. Bukan karena kinerjanya. Bukan karena orangnya pemimpin berkinerja baik. Siapa yang kemudian rugi tak diurus, kebanjiran tak ditolong, bencana tak diperhatikan, dan pelayanan memburuk. Siapa yang rugi?”

Jono menjawab, “Ya masyarakat itulah Jenderal.”

“Naaaah,” sambut Nagabonar. “Bilangkan sama masyarakat Sumut. Bilangkan sama Ketua-Ketua di Sumut sana. Kesamaan SARA bukan solusi. Pemimpin yang pasti langsung bekerja, itu yang harus mereka pilih kalau ingin maju. Ingatkan orang Sumut, kalau tak mau menyesal seumur hidup kek orang Jakarta, baik-baiklah memilih pemimpin. Nyesal lima tahun itu berat, cukup orang Jakarta saja. Jangan sampai orang Sumut mengalaminya”.

Penulis Nagabonar

Tinggalkan Balasan

Releated

Asner Terima Banyak Masukan dari Sejumlah Tokoh Tionghoa

Siantar, Sorotdaerah.com – Bakal Calon (Balon) Walikota Siantar, Ir Asner Silalahi MT menerima banyak masukan dan ide soal membangun Siantar, baik mengenai gagasan pengembangan perekonomian maupun dan ide pembangunan tata kota. Ide-ide itu ia jaring saat bersilaturahim dengan sejumlah tokoh Tionghoa di OH 5 Jalan Thamrin, Siantar, Rabu (9/9) sore. Selain itu, mereka juga membahas […]

Tim Pemenangan Asner-Susanti Segara Dibentuk

Sorotdaerah.com – Bakal Calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota Siantar Asner Silalahi-Susanti akan segera membentuk Tim Pemenangan. Pembentukan ini dilakukan, pasca pasangan ini mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Siantar pada 4 September 2020. Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Siantar, Ferry SP Sinamo mengatakan, pembentukan tim pemenangan menjadi langkah berikutnya pasca pendaftaran […]