Home > Kolom > Jangan Karena SARA, Ketua

Jangan Karena SARA, Ketua

“Jenderal, udah nonton berita banjir Jakarta?”, tanya Jono di sore hari kepada Jenderal Nagabonar yang sedang duduk santai.

“Agggh, itu itu lagi. Nggak usah di tonton juga pasti akan terjadi banjir itu di Jakarta,” jawab Nagabonar santai.

“Kok Jenderal bisa tahu?” telisik Jono.

“Ya ialah,” kata Nagabonar. “Itulah akibat memilih pemimpin hanya karena SARA.”

Jono mendekat, ingin tahu penjelasan lanjutannya.

Nagabonar menyambung, “Kau tahu Jono, orang Jakarta dulu terpengaruh SARA. Mereka kehilangan nalar. Inilah karmanya. Pemimpin yang mereka pilih bukannya pemimpin yang bisa langsung bekerja. Justru pemimpinnya mutar-mutar mikir bagaimana menyelesaikan masalah. Kau tau kan pemimpin coba-coba? Ya kayak yang sekarang memimpin Jakarta. Apa-apa coba-coba. Kapan menyelesaikan masalah warga?”

Jono menyimak.

“Memilih pemimpin itu harusnya bukan karena SARA Jono. Yang rugi siapa coba kau pikir Jono. Kaulah dulu, misalnya di Sumut orangnya memilih karena se-suku, seagama, se-ras, dan se-golongan. Bukan karena kinerjanya. Bukan karena orangnya pemimpin berkinerja baik. Siapa yang kemudian rugi tak diurus, kebanjiran tak ditolong, bencana tak diperhatikan, dan pelayanan memburuk. Siapa yang rugi?”

Jono menjawab, “Ya masyarakat itulah Jenderal.”

“Naaaah,” sambut Nagabonar. “Bilangkan sama masyarakat Sumut. Bilangkan sama Ketua-Ketua di Sumut sana. Kesamaan SARA bukan solusi. Pemimpin yang pasti langsung bekerja, itu yang harus mereka pilih kalau ingin maju. Ingatkan orang Sumut, kalau tak mau menyesal seumur hidup kek orang Jakarta, baik-baiklah memilih pemimpin. Nyesal lima tahun itu berat, cukup orang Jakarta saja. Jangan sampai orang Sumut mengalaminya”.

Penulis Nagabonar

You may also like
Jelang Pemilu 2019, Partai Golkar Rapat Kordinasi Pembentukan dan Penguatan Pokkar
Menjadi Gubsu, Djarot Sihar Pelayan Rakyat
Menuju Birokrasi Sumut Berparadigma 4.0
Sehari 66 sampai 70 Nyawa Melayang di Jalanan
Kita Mencari Pemimpin Sejati
Salah Urus

Leave a Reply