Home > Pendidikan > Pekan Jurnalistik, Persma Kreatif Gaungkan Isu Lingkungan

Pekan Jurnalistik, Persma Kreatif Gaungkan Isu Lingkungan

Sorotdaerah.com – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers Mahasiswa Kreatif Unimed menggelar Pekan Jurnalistik Nasional pada 24 – 28 April 2019. Pembukaan acara dibuka oleh Dr. Yasaratodo Wau, M.Pd. mewakili Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan di Ruang Audio Visual Lt.IV Digital Library Unimed, Rabu (24/4).

Pemimpin Umum Persma Kreatif Unimed Husna Fadilla mengatakan pekan Jurnalistik Kreatif 2019 diisi dengan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) dengan tema Jurnalisme Lingkungan, Seminar Jurnalistik Nasional bertema Break Your Limit and Take Your Action dan Field Trip ke Danau Toba.”

PJTLN Kreatif 2019 ini diikuti oleh LPM Dinamika UIN-Sumut, LPM Neraca Polmed, LPM Profesi Universitas Negeri Makassar (Sulawesi Selatan), LPM Fitrah Universitas Muhammadiyah Palembang (Sumatera Selatan), LPM Identitas Universitas Hassanudin Makassar (Sulawesi Selatan), LPM Gemercik Universitas Universitas Siliwangi Tasikmalaya (Jawa Barat), LPM Digma Politeknik Tanah Laut (Kalimantan), dan LPM Patriotik Universitas Batanghari (Jambi).

Pada pembukaan Pekan Jurnalistik tersebut dirangkai dengan pelantikan 18 kru baru UKM Pers Mahasiswa Kreatif Unimed angkatan 31. Acara ini dihadiri oleh Pembina dan Senioran UKM Pers Mahasiswa Kreatif Unimed, UKM se-lingkungan Unimed, Pers Mahasiswa se-Indonesia, narasumber dan puluhan undangan. Acara diisi dengan tor-tor, pemotongan tumpeng, pengambilan sumpah pelantikan, pemakaian jaket rompi secara simbolis dan musikalisasi puisi.

Mewakili Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Yasaratodo Wau, M.Pd. mengatakan Unimed sangat mengapresiasi kegiatan Pekan Jurnalistik tingkat Nasional yang dilaksanakan oleh Kreatif. Ia berharap, pekan jurnalistik ini dapat menjadi contoh yang baik kepada UKM-UKM lainnya untuk bisa melaksanakan kegiatan tingkat nasional. Selama ini Kreatif yang punya semangat mempunyai program yang bisa mengharumkan dan menggemakan nama Unimed. “Semoga pelatihan ini dapat menambah pengalaman dan wawasan sehingga membuahkan karya jurnalistik dan dapat berkontribusi bagi masyarakat,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Pembina UKM Persma Kreatif Unimed Abdul Latief Rusdi, S.Pd. mengatakan Pekan Jurnalistik merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh Kreatif. Untuk PJTLN sendiri ini sudah kali ketiga yang dilaksanakan oleh Kreatif. Pertama kali dilaksanakan pada tahun 2001. Mempersiapkan acara ini memang sulit dan butuh perjuangan, ini menjadi proses pengembangan diri untuk melangkahkan kaki menuju kesuksesan.

“Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyatakan Medan menjadi Kota dengan pengelolaan sampah terburuk se-Indonesia. Ini menjadi latar belakang Kreatif mengangkat isu lingkungan pada PJTLN ini. Semoga PJTLN ini memberikan dampak positif bagi perkembangan Kreatif dan Kota Medan ke depan. Selain itu diharapkan dapat memberikan masukan dan solusi kepada dinas terkait untuk berbenah dalam menata lingkungan dan kebersihan,” pungkasnya. (Red)

You may also like
Pesan Syawal Gultom Bagi Wisudawan
Rektor Unimed Resmikan Renovasi Perluasan Masjid Baiturrahman
Kartini dan Masa Depan Perempuan Lansia
Berguru KKNI Kepada Unimed
Argitha Aricindy, Mahasiswi Berprestasi
Unimed sumbang 2 medali emas untuk Indonesia di Asean University Games 2018

Leave a Reply