Home > Ufuk > Jojo Angkat Martabat Bangsa ke Level Tertinggi

Jojo Angkat Martabat Bangsa ke Level Tertinggi

Sorotdaerah.com- PEBULU tangkis Indonesia Jonatan Christie (Jojo) sukses menaklukkan tiga tunggal putra peringkat 10 besar dunia yakni Shi Yuqi (China), Kenta Nishimoto (Jepang) dan Chou Tienchen (Taiwan).[1]

Atas capaiannya itu, atlet muda kelahiran Jakarta itu mendapat pujian dari banyak pihak. Salah satunya pujian mengalir dari mulut peraih medali emas Olimpiade Muenchen 1972, Rudy Hartono.

Hartono memuji kehebatan Jojo yang mampu mempecundangi Chou Tien Chen, pada partai final bulu tangkis kategori perorangan di Asean Games kemaren di Istora Senayan, Jakarta. Jojo mengungguli pebulu tangkis asal Taiwan peringkat 6 dunia itu dengan skor: 21-18, 20-22, 21-15. “Tunggal putra sudah lama tidak meraih hasil tertinggi di Asian Games. Nikmati kemenanganmu, Jo,” puji Rudi Hartono. [2]

Prestasi gemilang ini menyudahi musim paceklik medali emas tunggal putra Indonesia selama 12 tahun. Menyaksikan permainan Jojo yang memukau, seketika berkelabat dalam benak sosok-sosok hebat seperti Alan Budi Kusuma, Lim Swee King, Rudi Hartono, Susi Susanti dan lainnya.

Kehadiran Jojo di gelanggang Istora Senayan kemarin mendaulat kembali kejayaan dunia bulu tangkis kita. Setelah sedekade lebih, harga diri bangsa kita bolak-balik jatuh dipecundangi atlet negara lain. Kali ini, Jojo mengangkat martabat bangsa kita setinggi-tingginya.

Lelaki muda, atletis, enerjik, tangguh dan berprestasi dalam diri Jojo menjadi citra bangsa kita yang dibaca dunia. Mata bangsa-bangsa mulai menghadap ke Indonesia. Mereka tak lagi menganggap remeh bangsa kita, di tengah derasnya pemberitaan soal pejabat dan wakil rakyat yang korupsi berjamaah.

Itu kentara ketika Jojo bertanding, Istora Senayan yang menjadi venue bulu tangkis akhirnya berubah menjadi lautan Merah dan Putih. Venu berkapasitas 7.000 itu sesak oleh penonton. Dan tempik sorak membahana menyertai setiap pukulan dan tembakan yang dilesatkan Jojo ke arah lawan. [3]

Para atlet mengajarkan kepada kita, kejayaan kita di segala lini harus direbut kembali. Jika Jojo (dan sederet atlet bulu tangkis lainnya) berjaya di bulu tangkis, Lindswell ditakuti karena jurus-jurus wushunya, Hanifan mendominasi di karate, Eko Yuli Irawan enteng mengangkat besi, Tiara Andini dan Khoiful Mukhib menaklukkan gunung dengan sepedanya, Defia Rosminar disegani di arena Taekwondo, Puspa, dkk jawara silat dan Aries Susanti yang super cepat memanjat tebing.

Atlet kita telah membuktikan, segala bidang olahraga sukses dikuasai. Mala bidang-bidang garapan lain juga pasti bisa kita kuasai. Politik, ekonomi, sosial, teknologi, riset, budaya, pertahanan, keamanan, pertanian, kehutanan dan perikanan (kelautan) harus kita kuasai. Kedaulatan negeri ini musti mewujud di segala lini, dari yang kecil sampai yang besar dari hulu sampai hilir. (Redaksi)

Sumber bacaan:
[1]https://olahraga.kompas.com/read/2018/08/31/17303548/jonatan-christie-bisa-kalahkan-pemain-dengan-peringkat-di-atasnya.
[2]http://m.sportanews.com/detail/64586/Asian-Games-2018-Rudi-Hartono-Bangga-Prestasi-JoJo
[3]https://www.bolasport.com/bulu-tangkis/301450-bulu-tangkis-diakui-punya-magnet-luar-biasa-daripada-cabor-lain-pada–asian-games-2018
You may also like
Benarkah Jonatan Christie Berprestasi Karena Bakat?
Sambut Akhir Tahun, PB Anor Gelar Turnamen

Leave a Reply